News Update :

Pentingnya Backlink

Sunday, October 21, 2012

backlink
Pentingnya Backlink untuk meningkatkan posisi Search Engine Result Page (SERP) di Google. Mengenai jumlahnya merupakan nilai dari popularitas situs tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, backlink akan memberikan kekuatan dalam persaingan di posisi SERP Google. Sehingga kata kunci yang kita targetkan menjadi kuat. contohnya pada blog ini. Jika anda mengetikkan kata kunci Pentingnya Backlink, maka blog ini akan muncul pada posisi 10 besar hasil pencarian Google.

Kemudian apa yang dimaksud dengan popularitas situs? Popularitas situs akan sangat menentukan posisi halaman pencarian di search engine milik om Google. Apabila blog atau website semakin populer maka Google akan memberikan PageRank secara gratis. Untuk mendapatkan semua itu kita harus mengetahui.

Pentingnya Backlink

Haruskah kita belajar tentang backlink?
Belajar Backlink itu penting, namun bukan yang asal-asalan. Akan tetapi yang bekualitas. Bagaimana agar berkualitas menurut Google? Search Engine Google akan melihat isi situs dalam menentukan kualitas sebuah link. Ada istilah yang disebut Incoming link yang kita miliki berasal dari situs lain dengan content yang sejenis atau berhubungan dengan situs kita, ini merupakan incoming link yang berkualitas. Semakin besar relevansi incoming link, semakin besar pula kualitasnya di mata search engine Google. Misalnya nih, ada blog atau situs temanya tentang Tutorial Blog kemudian mendapatkan backlink dari situs yang temanya Tips dan Trik Ngeblog itu yang disebut dengan relevansi situs berkualitas dan lebih relevan. Jika situs tersebut menerima incoming link dari situs bertema Resep Masakan atau Handphone, maka hubungan backlink situs tersebut dianggap tidak relevan. Kuncinya adalah situs yang memberikan link relevan ke situs kita, maka linkback tersebut akan berkualitas.

Apa manfaatnya?
Selain berguna untuk menaikkan popularitas blog atau web di search engine, juga bermanfaat sebagai petunjuk atau jalan bagi visitor dalam mengunjungi blog atau web kita. Jalan itu bisa diperoleh melalui search engine, yang jelas pengunjung datang dari blog atau web yang mengarah ke pada blog milik kita.

Tips untuk mendapatkan backlink
Dari hasil survey yang penulis dapatkan, ternyata beragam cara yang bisa anda perbuat untuk mendapatkan link satu arah. Salah satunya dengan mendaftar/submit situs ke web/blog directory, social bookmarking. Bisa juga dengan cara memberi komentar pada blog/web yang dofollow. Apabila menemukan blog yang nofollow lakukan dengan tukaran link atau link exchange dengan blog yang memiliki tema yang sama dan sudah terindex oleh google. Memasang iklan di tempat-tempat iklan baris gratis yang memiliki pagerank tinggi. Memasang link di website sosial seperti Facebook, Stumble upon, myspace, google plus, dan lain sebagainya.

Cara penempatan yang baik
Tempatkanlah backlink pada posisi yang strategis. Artinya Link kita mudah dilihat. Letakkan link dengan Natural Backlink, yaitu menyisipkan di dalam konten atau artikel berupa kalimat sehingga kesannya menjadi natural. Gunakan backlink berupa text link atau yang dikenal dengan istilah anchor text. Mengapa demikian? Karena Mbah Google akan membaca text link atau anchor text. Untuk membuat backlink semakin berkualitas, lakukan deep linking yaitu natural linking yang lebih fokus pada halaman (web page) tertentu dari situs tersebut.

Cara mengecek Backlink 
Untuk mempermudah anda dalam mengetahui atau mengecek gunakan jasa cek dari situs-situs di internet secara gratis. Anda dapat menggunakan salah satu diantaranya seperti Backlink Watch, karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam mengetahui backlink situs kita.

Saya cukupkan dulu ya tutorialnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca setia Blog ini. Bila ada tutorial yang kurang silahkan di tambah dengan memberikan komentar di bawah ini.

Keep Blogging
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Yahessa Tutorial 2010 -2015 | Design by Yahessa | Powered by Blogger | Search Powered by Google.