News Update :

Mengenal Dasar-dasar CSS

Sunday, September 11, 2011

Kode CSS
Belajar Kode CSS-Sebelumnya menjalani CSS kita harus Mengenal Dasar-dasar CSS. Ini bertujuan agar kita tahu apa yang dimaksud dan kegunaan dari CSS tersebut. Langsung saja mukadimah hari ini, di awali dengan:

Apa yang dimaksud dengan CSS?
CSS merupakan singkatan dari kata Cascading Style Sheets. Bila kita melihat dalam kamus, cascading itu memiliki arti "Air Terjun". Namun di dalam bahasa programer cascading yang di maksud merupakan, aliran dari suatu kode ke kode lain yang saling berhubungan.

Bagaiman kalau kita tulis dalam bahasa Indonesia mengenai arti CSS tersebut? ada yang tahu? Tahu dunk...yaitu kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format/tampilan suatu halaman HTML.

Apa saja Manfaat Bila Menggunakan CSS?
Banyak sekali mafaat dan kegunaan dalam memakai CSS ini misalnya halaman website anda menggunakan font calibri dalam penulisannya, kemudian suatu hari anda jenuh melihat tulisan tersebut dan berniat mau mengganti ke bentuk arial, maka secara manual anda akan bekerja keras merubah satu per satu halaman website tersebut. Capek...kan?

Jika kita menggunakan css dan semua halaman website memakai css juga, anda cukup merubah satu baris kode css untuk merubah font di semua halaman web/blog calibri ke arial.

Kesimpulannya, bila kita menggunakan CSS akan lebih praktis!

Lalu apakah ada Kekurangan dalam Menggunakan CSS ini?
Biasalah...dalam hidup di dunia ini tentunya ada kurang dan lebih...namun bila memiliki kelebihan yang tinggi di banding kekurangan dipakai saja. Kare tidak semua browser dapat membaca kode CSS dengan baik. Terkadang, tampilan web/blog dengan CSS terlihat baik di browser yang satu, tapi berantakan di browser yang lain. Sebagai rekomendasi anda harus memeriksa tampilan supaya terlihat baik di semua browser dan menambahkan kode-kode khusus browser tertentu jika memang dibutuhkan agar tampilan web anda terlihat baik di semua browser.

Saya kira cukup dulu dalam Mengenal Dasar-dasar CSS, pada postingan berikutnya akan kami sajikan tutorial dalam pembuatan CSS pada blog ini. Bila ingin mendapatkan artikel secara berkala, silahkan isi email anda pada sidebar sebelah kanan paling bawah.

Jika anda sudah mengerti dan paham tentang Mengenal Dasar-dasar CSS mari kita lanjutkan tutorial berikutnya yaitu Script Membuat Hover Efek Menggunakan CSS3. Klik Di Sini

Happy blogging
Share this Article on :

1 comments:

Anonymous said...

Bagus buat pemula

Post a Comment

 
© Copyright Yahessa Tutorial 2010 -2015 | Design by Yahessa | Powered by Blogger | Search Powered by Google.