News Update :

Cara Mengatasi Broken Link Pada WordPress Anda

Friday, September 9, 2011

Cara Install Plugin di WordPressSeperti biasanya, WordPress Tutorial selalu memberikan update artikel dengan harapan dapat bermanfaat bagi pembaca dan para blogger sekalian. Dalam Blog Tutorial Untuk Indonesia akan memberikan beberapa wawasan mengenai Cara Mengatasi Broken Link Pada WordPress Anda.

Tutorial kali ini tidak menggunakan script, karena yang akan kita pakai adalah Plugin. Nah plugin ini merupakan salah satu plugin favorit yang sering di gunakan para blogger pengguna WordPress khususnya. Gimana dengan pengguna Blogspot? Maafkan saya, karena saya hanya membahas mengenai Tutorial WordPress saja. Tapi gak ada salahnya jika anda ingin membacanya, karena akan menambah wawasan anda. Plugin ini merupakan plugin wordpress yang direkomendasikan untuk di install, agar blog wordpress anda selalu bersih dari broken link yang selalu menempel bak Parasit dan mengganggu SEO.

Plugin ini bekerja cukup efektif dan user friendly, apabila plugin ini mendeteksi ada broken link atau link yang rusak dalam blog anda, plugin ini tidak akan menghapus link yang rusak tersebut. Kita akan di beri 3 pilihan, yaitu Edit URL, Unlink, dan Not Broken :

Edit URL
Berfungsi untuk mengedit url/alamat sebuah blog/situs yang terdeteksi broken oleh plugin ini. Kenapa harus ada Edit URL? Yah...tentu saja, karena belum tentu semua link benar-benar broken, sebagai contoh ada sebuah link yang tidak lengkap atributnya/alamat tujuan link tersebut, misalnya:
htt://bebasbekarya.blogspot.com (disana terdapat ada huruf yang kurang yaitu P pada htt:// seharusnya http://).

Unlink
Untuk Unlink ini gunanya adalah untuk menghapus link yang ada pada sebuah text. Pada saat link yang terdeteksi sebagai broken link, kemudian kita cek dan ternyata benar link tersebut tidak valid atau alamat tujuan tidak ada, maka Unlink inilah yang harus diklik.

Not Broken
Nah yang ketiga ini tujuannya sebagai penanda pada sebuah link atau lebih (terdeteksi sebagai broken link) sebagai link yang valid atau not broken (tidak rusak). Apabila ada link yang ternyata dianggap sebagai broken link kita tinggal cek kebenarannya lalu klik saja Not Broken ini.

Lalu Bagaimana Cara Penginstalaan Plugin Broken Link Checker tersebut?
Mudah saja kok, meskipun sudah sering para blogger membahas cara menginstallkan sebuah plugin pada wordpress, izinkan saya menuliskan kembali disini, barangkali ada para newbie yang membaca artikel ini masih belum paham cara menginstalkan sebuah plugin. Bener gak...? Iyain...aja deh. Oke langsung saja yuk ikuti langkahnya seperti di bawah ini:
  1. Login ke dashboard.
  2. Lihat bagian kiri layar monitor anda, pilih Plugins » Add New

    Cara Install Plugin WordPress
  3. Pada kotak yang ada di kanan monitor anda, ketikan Broken Link Checker, setelah itu klik Search Plugins

    Cara Install Plugin WordPress
  4. Lalu anda cari plugin Broken Link Checker yang akan anda installkan, setelah itu klik Install Now » Ok » Activate Plugin

    Cara Install Plugin WordPress
  5. Selesai.
Bagaimana Untuk mengetahui adanya broken link?
Jika anda sudah menginstall plugin tersebut, di dashboard akan bertambah 1 widget baru dengan nama Broken Link Checker. Bila plugin ini mendeteksi adanya broken link, secara otomatis widget tersebut akan menampilkan adanya laporan broken link, nah sekarang tinggal kita cek dashboard aja, kemudian cari widget seperti gambar di bawah ini.

Cara Install Plugin WordPress

Klik saja link laporan broken link tersebut, nanti anda akan dibawa ke halaman list/daftar link yang terdeteksi sebagai broken link. Nah..ketika anda sorot satu per satu link-link tersebut, tepat di bawahnya akan muncul 3 pilihan yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Install Plugin WordPress

Mudah-mudahan plugin ini dapat membuang semua parasit yang menempel pada blog anda, yang istilah nama kerennya Broken Link. Oya...bila artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan dishare ke teman-teman blogger lainnya ya..? Jangan lupa dunk di koment. karena blog ini dofollow kok.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Happy Blogging!
Sumber: margasatrya.com


Artikel Yang pantas di baca:
Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah
Share this Article on :

1 comments:

Collegium said...

terus langkah selanjutnya bagaimana merecovery broken link mas? mohon infonya. thanks

Post a Comment

 
© Copyright Yahessa Tutorial 2010 -2015 | Design by Yahessa | Powered by Blogger | Search Powered by Google.