News Update :

Tahukah Anda Penyebab Broken Link pada blog?

Thursday, September 22, 2011

Penyebab Broken Link
Tahukah Anda Penyebab Broken Link pada blog? Pertanyaan sederhana untuk membahas Penyebab Broken Link atau dengan kata lain adalah Link yang Rusak, bisa juga disebut dead link. Ada beberapa yang dapat membuat link menjadi broken atau rusak. Dengan demikian link tersebut menjadi tidak valid, sehingga ketika pengunjung hendak mampir tidak menemukan artikel atau alamat tujuan dari link tersebut.

Mari kita simak beberapa Penyebab Broken Link di bawah ini:

Penyebab Utama adalah sering Menghapus postingan
Kenapa link ini bisa menjadi broken, karena ketika anda memposting sebuah artikel lalu menghapusnya dengan alasan apapun dan sudah terpublish kemudian terindex oleh si robot, dikemudian hari si robot hendak mencari alamat link tersebut..eh..ternyata sudah di musnahkan oleh empunya. Maka inilah yang menyebabkan broken link atau link yang rusak. Apa sebab bisa rusak? karena akan dianggap SPAM oleh Search Engine. Sehingga hal ini akan mengganggu SEO blog anda.

Melakukan kesalahan dalam menyisipkan url
Hal ini bisa saja terjadi di dalam postingan, sidebar maupun footer dan menu navigasi. Kebanyakan sih...sering salah ketik, misalnya ada karakter yang kurang, sebagai contoh (http, www, atau /) pada suatu blog/situs tertentu. Saya menyarankan untuk menghindari hal ini agar tidak terjadi lagi lakukanlah dengan cara mengopy langsung url halaman yang akan disisipkan/dibuat linknya, lalu dipaste langsung ke kolom url.

Pemilik blog/web menghapus Link yang telah kita sisipkan.
Misalnya anda meletakkan link pada salah satu halaman posting blog/web orang lain di dalam posting anda (trackback). Tanpa alasan apapun pemiliknya kemudian menghapus link di postingannya, maka terjadilah broken link.

Atau ada Link yang disisipkan sudah tidak aktif atau disuspend.
Biasanya sih hal ini terjadi domain atau url tertentu expired, habis masa dan tidak diperpanjang oleh pemiliknya dengan demikian link yang sudah anda ada dalam url tersebut secara otomatis tidak ditemukan oleh si robot. Karena link atau blog/web tersebut sudah gak aktif lagi atau disuspend. Maka kembali akan terjadi broken link pada blog anda yang memuat tautan menuju halaman blog/web tersebut.

Penyebab lainnya berupa perubahan struktur permalink pada blog.
Hindari hal demikian, bila hendak melakukan ngeblog atau baru melakukan ngeblog, sebaiknya disetting sedemikian rupa dulu, agar dikemudian hari blog anda benar-benar bersih, yah...paling tidak sedikit saja broken linknya. Perubahan Struktur Permalink ini dapat terjadi pada blog kita sendiri maupun pada permalink blog lain, di mana kita pernah memberi backlink ke salah satu halaman postingnya. Misalnya kita pernah membuat link menuju sebuah halaman dengan struktur permalink lama. Nah, ketika halaman tersebut diubah permalinknya oleh sang pemilik blog/web (dengan struktur baru), maka tentu saja link yang kita buat itu akan rusak (alias menjadi broken link).

Apakah artikel ini menarik? Semoga saja postingan yang berjudul "Tahukah Anda Penyebab Broken Link pada blog?" ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat buat para pembaca yang setia. Silahkan share ke teman-teman lainnya melalui jejaring sosial agar mereka mendapatkan informasi ini.

Yuk...dikomentari..artikelnya biar rame, dengan catatan NO SPAM! Oke...Happy blogging

Baca artikel Tips SEO mengenai Cara Mendapatkan Ribuan Pengunjung Tiap Hari. Klik Di Sini
Share this Article on :

3 comments:

free download software said...

kayanya saya harus sebulan sekali cek broken link...hehehhe..tanks buat tips nya mas.. :)

Lizanovia M. Hadi said...

broken link saya malah terjadinya pada search label. Kok bisa ya?

Wibowo Susilo said...

Banyak yang link broken di blog, tapi begitu lihat artikel yang segitu banyaknya jadi mundur teratur :D terima kasih buat sharingnya

Post a Comment

 
© Copyright Yahessa Tutorial 2010 -2015 | Design by Yahessa | Powered by Blogger | Search Powered by Google.