News Update :

5 Teknik SEO Yang Harus Dihindari

Tuesday, July 12, 2011

Yahessa Tutorial - Buat sobat blogger, ada bebarapa hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan tentang optimasi SEO yang dilakukan dengan usaha yang maksimum dengan tujuan mendatangkan hasil yang maksimum pula untuk blog kita. Namun, ada beberapa dari kita yang mungkin tanpa disadari telah melakukan berbagai kesalahan fatal dalam hal optimasi SEO blogspot. Kesalahan yang tidak kelihatan, namun akan berdampak buruk terhadap blog kita bahkan juga dapat merusak reputasi blog kita.

Oleh sebab itu artikel ini di salin dalam blog ini sebagai rujukan buat para blogger yang masih pemula dan ingin blognya SEO Friendly. Namun sebelumnya saya minta maaf bila ada kesamaan dalam penulisan artikel ini. Karena ada 5 Teknik SEO yang Harus Dihindari. Berikut langkah-langkah yang harus diwaspadai:

Hal Pertama yang harus di hindari adalah Jual Beli Link

Sering kita mendengar istilah jual beli link, berarti ada hubungannya dengan bisnis online atau sejenisnya. Hal yang demikian tidaklah benar. Perlu digaris bawahi bahwa Google sangat membeci hal-hal yang demikian. Dengan melakukan hal yang licik dengan tujuan untuk menipu Google. Sebab mbah Google sangat membenci blog yang mempermainkan harga dirinya.

Oleh karena itu, buatlah postingan-postingan artikel yang membuat betah pengunjung dan menarik, mengagumkan, serta mampu menarik minat baca pengunjung. Jika pengunjung tertarik dan betah membaca postingan sobat tersebut, maka orang akan nge-link ke sobat secara natural/alami. memang berat sih.., tetapi cobalah! Itu tidak selamanya terlihat sulit, selagi kita mau berusaha.

Yang Kedua merupakan Unloacked Affiliate Link

Unloaked Affiliate Link merupakan link yang bersifat affiliate alias yang berbau bisnis. Ternyata Mbah Google sangat benci yang namanya Affiliate. Google tidak senang terhadap segala hal yang berbau komersial. Yach.. hal seperti itu mungkin akan menguntungkan anda, tetapi tidak juga untuk Google. Justru malah di musuhi Google (waduuhhh...).

Tetapi, bila sobat membayarnya (Google), seperti membeli AdWords/iklan untuk PPC. maka akan mencintai Anda (ternyata...egois juga). Maka dari itu, banyak-banyaklah berharap kepada Google dan ikuti saja peraturannya agar mereka mencintai kita selamanya.

Untuk yang ketiga ini hindarilah yang namanya Nge-Link ke tempat blog Spam

Bagaimana mengetahui bahwa suatu blog tersebut merupakan blog spam alias banyak sampahnya? Kita dapat mengetahuinya dengan adanya banyak komentar-komentar yang berdatangakan ke blog kita. Dan tanpa kita sadari betul akan banyaknya komentar tersebut, ternyata ada satu atau beberapa komentar yang berbau spam. Apalagi jika blog sobat tersebut ternyata adalah blog dofollow, maka tak jarang komentar spam akan muncul entah berapa banyaknya.

Jadi, perhatikanlah orang-orang yang berkomentar ke blog dofollow sobat itu, jika link mereka menuju ke situs yang kurang baik di mata mbah Google, cepatlah hapus komentar mereka tersebut. Sekarang ini sudah ada fitur moderasi komentar tinggal di aktifkan saja atau dengan mengubah blog sobat menjadi blog nofollow, atau pun bisa sobat lakukan keduanya sekaligus.

Bagian keempat adalah Hindari Blog Yang Tidak Aktif

Saat mbah Google jalan dengan membawa tongkatnya jangan sampai tersandung batu ya...heheh...maksudnya sedang mengujungi blog anda dan kedapatan blog anda sedang dalam keadaan down, maka dapat dipastikan blog yang sudah lama nyangkut di halaman SERP Google akan terpental jauh ke seberang pulau... wuuuuussssttt). Wah dah gak kelihatan.

Untuk menghindari hal demikian gunakanlah web hosting yang terpecaya. Atau anda bisa juga menggunakan blogspot, yang gratisan...hehe... (mungkin juga perlu dibaca, Custom Domain for Blogger). Tapi jangan lupa sering update blogspot anda, untuk antisipasi ketika google mengganti blogger dengan nama lain, kita sudah menyimpan semua backup maupun templatenya.

Nah yang terakhir yang perlu dihindari adalah Duplikat Content (Copy Paste)

Boleh saja sih copas (copy paste) artikel orang lain, namun jangan di posting 100%. Akan tetapi editlah sedikit demi sedikit minimal 65% lumayan cukup. Karena hampir sebagian blogger merupakan tukang copas (copy paste) artikel orang lain (hmmm.. maksud saya orang itu-tu’, bukan Anda, ok). Hentikan copas dimulai sejak sekarang. Dengan demikian nantinya akan meningkatkan citra anda di hadapan blogger lain, termasuk mbah Google sendiri. Dan juga akan memperbaiki ego anda sebagai seorang blogger Indonesia yang mencintai karya orang lain.

Nofollow-lah link ke konten duplikat. Blok konten tersebut dalam robots.txt atau sobat bisa gunakan tag Canonical.

Nah, itulah 5 teknik SEO yang harus dihindari dan akan menghancurkan blog kita nantinya jika hal tersebut masih saja kita lakukan. Sayangkan jika blog yang selama ini kita bangun dengan peluh dan keringat yang mengucur, eh...malah hancur gak karuan karena hal-hal tersebut

Jika mungkin ada pendapat lain dari sobat sekalian, saran dan kritik serta masukan akan saya terima dengan baik. Ok.

Baca juga artikel tentang Jenis Strategi List Building

Happy Blogging.

Pelajari juga cara cepat menaikkan Rank Alexa. Klik Di Sini
Share this Article on :

1 comments:

Dwijayasblog said...

Untuk alasan pertama, aneh juga, karena banyak yang menyarankan untuk menjadikan blog sebagai ladang uang. Kalo emang Google ga suka, ehm, Google memang search engine terbesar tapi bukan yang utama dan satu-satunya, 'kan?

Post a Comment

 
© Copyright Yahessa Tutorial 2010 -2015 | Design by Yahessa | Powered by Blogger | Search Powered by Google.